IBX59D0FE58EFDC8 Heboh Kemunculan Makhluk Kecil Lincah di Belantara Aceh

Catatan Patrick Galugu

advertisement

Heboh Kemunculan Makhluk Kecil Lincah di Belantara Aceh

26 Mar 2017 - 16:23 WIB

Sumber foto: Youtube Fredography/Detik.com

Sebuah video yang beredar di Youtube menjadi viral, video tersebut diunggah oleh Fredography pada 22 Maret 2017. Video itu menjadi perbicangan hangat dikalangan netizen. Dalam keterangan video, Fredography sengaja tidak menyebutkan detail lokasi, admin Youtube Fredography ingin agar netizen menonton saja.

Video berdurasi 1.57 menit itu berisi sesosok makhluk kecil yang terlihat berlari sangat cepat. Terlihat komunitas motor trail dari Banda Aceh sedang bertualang menyusuri hutan belantara. Sesosok makhluk kecil dari sebelah kanan semak-semak tiba-tiba muncul tanpa mengenakan pakaian apapun.

Sontak kemunculan makhluk itu mengagetkan seorang crosser paling depan, dan membuatnya terjatuh. Crosser yang berada di belakang, terutama pengambil video mencoba untuk mengejarnya. Sayangnya makhluk itu tidak bisa terkejar karena berlari sangat cepat kedalam semak-semak.

Siapa Sosok Makhluk Tersebut?

Informasi yang didapatkan oleh Detik.com dari Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Rusdi, Kolonel Rusdi mengungkapkan bahwa dia masih akan melakukan pengecekan terlebih dahulu dari lapangan secara langsung.

Rusdi lebih lanjut mengatakan bahwa bisa saja sosok itu merupakan Suku Mante, menurutnya Suku Mante biasanya tinggal di pesisir.

Siapakah Suku Mante itu?

Suku Mante adalah suku kuno dari Aceh. Literasi serta dokumentasi mengenai Suku Mante tak banyak. Dia sering disebut dalam legenda rakyat yang pernah mendiami Aceh.

Seorang peneliti bernama Snouck Hurgroce dalam bukunya yang berjudul ‘De Atjehers’ menuliskan bahwa suku Mante masuk kedalam etnis Melayu Proto. Ukuran tubuh yang dia miliki sama seperti manusia Melayu. Suku tersebut dituliskan selalu berada di pedalaman hutan.

Makhluk itu Orang Pendek?

Cerita warga mengenai keberadaan Suku Mante terkadang salah. Mereka mengira jejak Suku Mante itu adalah jejak Orang Pendek, spesies yang dipercaya berada di belantara Sumatera.

Peneliti lainnya bernama Debbie Martyr, melakukan penelitian mengenai orang pendek selama 15 tahun menjelaskan ciri-ciri Orang Pendek adalah memiliki tinggi yang tak lebih dari 90 cm. Tubuh yang mereka miliki umumnya memiliki warna abu-abu atau kecokelatan diselimuti bulu.  


TAGS   peristiwa / berita / manusia kecil / makhluk kecil / informasi /

>