Catatan Patrick Galugu

advertisement

Patung Yesus Toraja Tertinggi di Dunia Mendatangkan 1 Juta Wisatawan

14 Apr 2017 - 12:29 WIB

 

Foto: Dokumentasi pribadi

Setahun yang lalu saya mengunjungi destinasi Patung Yesus di Buntu Burake. Objek wisata ini dekat dengan rumah kakek saya di kecamatan Makale, Tana Toraja. Ketika membuka jendela, yang terlihat adalah Patung Yesus dan hamparan bukit disekelilingnya.

Untuk mencapai puncak buntu burake membutuhkan kekuatan yang lebih, siap-siap saja untuk berkeringat. Bagi yang kurang berolahraga, bisa mengunjungi objek wisata Patung Yesus. Keindahan dan menyehatkan bisa dinikmati bersamaan. Ada ratusan anak tangga mulai dari tempat parkiran motor sampai di etalase toko penjual souvenir Toraja. Kita bisa beristirahat sebentar di tempat berteduh yang sudah disiapkan, lalu lanjutkan perjalanan menaiki anak tangga lainnya hingga sampai di atas puncak bukit dan melihat patung lebih dekat.

Destinasi wisata Patung Yesus ternyata berhasil mendatangkan wisatawan lebih dari 1 juta wisatawan. Saya kutip dari TribunToraja.com (14/4/2017), kepada wartawan, Bupati Tana Toraja - Nicodemus Biringkanae mengungkapkan bahwa ide pembangunan objek wisata religi Buntu Burake itu benar-benar brilian. Buktinya, objek wisata dengan ikon utama patung Yesus memberkati itu mampu menarik jutaan wisatawan.

Data yang diolah oleh Dinas Pariwisata Tana Toraja menunjukkan bahwa selama tahun 2016, jumlah wisatawan yang mengunjungi Buntu Burake mencapai 1.056.592 orang. Per hari rata-rata 15 ribu lebih wisatawan datang mengunjungi Buntu Burake.

Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Buntu Burake/Sumber: Karebatoraja.com

Jumlah wisatawan naik berkali-berkali lipat dari tahun sebelumnya, bahkan saat digabung jumlah kunjungan wisatawan selama empat tahun terakhir belum dapat melampaui jumlah tahun 2016.

Untuk pembanding, pada tahun 2014, kunjungan wisatawan nusantara ke Tana Toraja sebanyak 60.069 dan wisatawan mancanegara mencapai 20.167 orang.  Tahun 2015 mengalami peningkatan, kunjungan wisatawan nusantara ke Tana Toraja hanya 82.767, lalu kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 15.731 orang.

Semakin banyak wisatawan mengunjungi Patung Yesus, maka masyarakat setempat juga merasakan manfaatnya, terutama masyarakat yang menjajakan dagangannya di sekitar objek wisata.


TAGS   travel / wisata /

>