IBX59D0FE58EFDC8 Tips Sederhana Agar Menulis Jadi Menyenangkan

Catatan Patrick Galugu

advertisement

Tips Sederhana Agar Menulis Jadi Menyenangkan

15 Apr 2017 - 17:40 WIB

 

Foto: blog.enn.com

Tulisan ini sebenarnya bukan hanya untuk para blogger semata, tapi juga untuk siapapun yang ingin menjadikan aktifitas menulis sebagai aktifitas menyenangkan untuk mengasah otak.

Menulis blog akan terasa lebih mudah, dengan syarat otak sedang rileks dan mood dalam kondisi yang baik.

Aktifitas menulis akan terasa sulit jika Anda sedang memikirkan banyak hal. Jadi, hentikan menulis sementara waktu ketika Anda sedang memikirikan banyak hal yang membuat mood Anda tidak baik.

Seorang blogger tentunya mengalami hal yang bisa membuatnya mengalihkan pikiran kepada hal yang mencuri perhatian untuk tidak menulis.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan agar menghasilkan sebuah tulisan bermanfaat, semoga bisa membantu Anda menghasilkan tulisan terbaik.  

1. Motivasi Diri Sendiri

Ungkapkan hal-hal yang positif di pikiran Anda, atau berbicaralah pada diri sendiri, misalnya “Saya bisa menghasilkan tulisan yang Menginspirasi hari ini.”

2. Cari Tempat yang Menyenangkan

Biasanya kita menempatkan laptop atau PC di atas meja belajar, nah, Anda bisa bervariasi dengan membawa laptop di taman rumah, terutama menulis di bawah pohon taman, tindakan itu bisa membuat Anda lebih rileks. Udara sejuk disekitar taman membantu Anda untuk lebih tenang.

3. Waktu Terbaik

Pilihlah waktu santai untuk menulis, misalnya di hari Sabtu atau Minggu ketika Anda terbebas dari runtinitas pekerjaan. Waktu yang tepat seperti di pagi hari. Anda juga bisa mengkondisikan dengan kegiatan Anda sehari-hari.

4. Singkirkan Benda yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Anda Sementara Waktu

Benda itu misalnya adalah smartphone. Saya biasanya tidak menempatkan smartphone di hadapan saya ketika sedang menulis, Karena bisa mengganggu konsentrasi saya ketika ada notifikasi yang muncul. Fokuslah merangkai kata-kata di depan laptop.

5. Minum Air Putih

Anda bisa menyediakan air putih di samping Anda saat sedang menulis, dan minum air putih tersebut. Menurut penelitian dengan minum banyak air putih, bisa memastikan bahwa otak Anda bisa berkonsentrasi lebih baik. Tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda bisa mengurangi fungsi berpikir Anda.

Itulah 5 tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadikan aktifitas menulis terasa menyenangkan. Selamat melatih otak Anda. 


TAGS   opini / pendidikan / edukasi /

>