Catatan Patrick Galugu

advertisement

Harapan Terbesar untuk Pemimpin DKI Jakarta 2017-2021

18 Apr 2017 - 20:43 WIB

Sudah lama otak saya bergejolak ingin memerintah tangan saya mengetik harapan saya kepada gubernur DKI Jakarta yang terpilih nantinya memimpin Ibu Kota Jakarta.

Saya bukanlah orang Jakarta, namun berita mengenai pilkada DKI Jakarta menarik untuk dibaca dan dinonton. Muncul harapan-harapan kepada siapapun yang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2021.

Pilkada DKI Jakarta tidak hanya menjadi pusat perhatian masyarakat Jakarta saja, namun juga seluruh masyarakat Indonesia. Secara tidak sengaja, membuat pilkada DKI Jakarta menjadi contoh bagi pemilihan gubernur di provinsi lainnya. Sekarang sedang memasuki minggu tenang, tidak ada lagi pengerahan untuk berkampanye.

Harapan saya, siapapun yang menjadi gubernur DKI Jakarta nantinya, jadilah pemimpin yang memiliki integritas tinggi, tegas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta miliki jiwa kepemimpinan yang berlandaskan kepada Pancasila.

Pemimpin yang memiliki integritas tinggi adalah pemimpin yang tidak akan melakukan sesuatu untuk memperkaya dirinya sendiri, dia jujur dalam pikiran serta tindakan, dan memiliki karakter yang kuat. Nilai-nilai yang dipegangnya dipegang dengan tercermin dari tindakannya.

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2021 mengutamakan kepentingan rakyatnya, bukan mementingkan pihak-pihak tertentu. Saya percaya Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih nanti lebih tahu daripada saya.

Sosok pemimpin tegas pemimpin DKI Jakarta dibutuhkan. Tegas disini maksudnya adalah tegas dalam bertindak nyata untuk kepentingan masyarakat. Keputusan yang diambilnya adalah bulat dan pasti, keputusan yang diambil sudah dipikirkan dengan matang. Pemimpin yang tegas bisa terlihat dari kepercayaan dirinya mengutarakan keputusan dengan jujur.

Apabila pemimpin DKI Jakarta 2017-2021 tegas dalam bertindak, maka ketegasannya itu tentu akan menjadi contoh yang baik kepada bawahannya, bawahannya akan bekerja dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat DKI Jakarta sendiri.  Secara luas, sosok pemimpin DKI Jakarta yang tegas bisa menjadi contoh yang baik bagi semua kalangan di Indonesia, Karena setiap keputusan yang diambil akan terekam dengan baik oleh media di Indonesia, baik media cetak, internet, dan elektronik.

Saya yakin bahwa seorang pemimpin yang mengamalkan kepercayaan yang dianutnya dengan baik tidak begitu saja mudah tergoyah dengan apa yang terjadi disekitarnya, dia tidak mudah berbelok menjadi pemimpin yang menyalahi norma-norma agama. Sebaliknya, sebelum bertindak, dia tahu bahwa apa yang dilakukannya tidak melukai hati Tuhan.

Semuanya itu kemudian tercermin dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam berindak, nilai itu adalah nilai keTuhanan, nilai  kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

Harapan terbesar saya kepada pemimpin DKI Jakarta 2017-2021 adalah jadilah pemimpin yang mengutamakan kesejahteraan rakyat, karena semuanya dari rakyat dan untuk rakyat sendiri.


TAGS   OPINI /

>