IBX59D0FE58EFDC8 Viral, Foto Kuda Laut Bawa Sampah Cotton Bud di Laut Sumbawa

Catatan Patrick Galugu

advertisement

Viral, Foto Kuda Laut Bawa Sampah Cotton Bud di Laut Sumbawa

25 Sep 2017 - 06:24 WIB

Foto: Instagram Justin Hofman

Guys kali ini ada berita yang menyedihkan mengenai laut kita Indonesia. Seorang fotografer sekaligus aktivis dari Sea Legacy bernama Justin Hofman asal Amerika memotret seekor kuda laut yang sedang membawa sampah cotton bud di Laut Sumbawa Besar dekat Pantai Kencana dan Gemba, dia mengunggahnya di instagram. Foto tersebut kemudian menjadi viral karena pengguna internet sangat menyayangkan itu bisa terjadi.

 

Sampai sekarang, telah dikomentari oleh 1000 orang lebih dengan berbagai komentar yang menyayangkan kejadian tersebut bisa terjadi. 

 

 Biasanya seekor kuda laut melilitkan ekornya di karang atau rumput laut, agar dia tidak terombang-ambing terbawa arus alut. Namun dalam foto Justin Hofman terlihat berbeda, justru melilitkan ekornya pada sampah cutton bud berwarna merah muda.

 

Dalam caption instagramnya, Justin Hofman berharap bahwa ini tidak terjadi namun dia ingin semua orang melihatnya. Awalnya Justin berpikir sebuah kesempatan awal untuk mengambil foto kuda laut yang lucu, tapi berubah menjadi frustasi dan sebuah kesedihan. 

 

Lebih lanjut dalam captionnya, Justin menuliskan, “Kuda laut ini hanyut terombang ambing bersama sampah yang dibawa arus laut sepanjang Kepulauan Indonesia. Foto ini adalah alegori dari kondisi lautan kita sekarang dan masa yang akan datang. Masa depan apa yang kita ciptakan? Apa tindakan nyata Anda untuk planet ini?”

 

Tindakan nyata yang bisa kita ambil sekarang dimulai dari diri sendiri dengan tidak membuang sampah sembarangan di pantai, melainkan membuangnya pada tempat sampah, satu orang jika sadar bisa menularkannya pada orang disekitarnya dengan saling mengingatkan sehingga kejadian kuda laut atau hewan lainnya membawa sampah tidak terjadi.

 

Salah satu contoh nyata yang bisa kita lakukan misalnya saat ingin membuang bungkus permen dan tidak menemukan tempat sampah, maka simpanlah permen tersebut di saku kantong atau tas kecil Anda dahulu, kemudian buanglah saat menemukan tempat sampah. 

 

Yuk, mari kita mulai sadar dari diri kita sendiri. 

It’s a photo that I wish didn’t exist but now that it does I want everyone to see it. What started as an opportunity to photograph a cute little sea horse turned into one of frustration and sadness as the incoming tide brought with it countless pieces of trash and sewage. This sea horse drifts long with the trash day in and day out as it rides the currents that flow along the Indonesian archipelago. This photo serves as an allegory for the current and future state of our oceans. What sort of future are we creating? How can your actions shape our planet?
.
thanks to @eyosexpeditions for getting me there and to @nhm_wpy and @sea_legacy for getting this photo in front of as many eyes as possible. Go to @sea_legacy to see how you can make a difference. . #plastic #seahorse #wpy53 #wildlifephotography #conservation @nhm_wpy @noaadebris #switchthestick

A post shared by Justin Hofman (@justinhofman) on

Artikel ini juga saya posting di blog saya.


TAGS   travel / viral /

>