IBX59D0FE58EFDC8 Rayakan Hari Pahlawan 10 November dengan Mengunjungi Objek Wisata ini

Catatan Patrick Galugu

advertisement

Rayakan Hari Pahlawan 10 November dengan Mengunjungi Objek Wisata ini

11 Nov 2017 - 05:50 WIB

Foto: blogspot

Sahabat traveler, saya mengucapkan selamat merayakan hari pahlawan 10 November 2017.Founding Father kita, Ir. Soekarno mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

 

Tidak mudah bagi pahlawan-pahlawan kita di masa lalu sehingga kita bisa merdeka dari penjajahan, mereka mengorbankan darah dan nyawa mereka sendiri. Mereka melewati masa-masa yang sukar demi bangsa dan keturuan selanjutnya yaitu saya dan sahabat traveler sendiri.

 

Selayaknyalah kita mengenang jasa pahlawan kita, salah satu caranya adalah dengan mengunjungi objek wisata bersejarah.

 

Berikut adalah inspirasi objek wisata beresjerah di kota besar Indonesia yang bisa sahabat traveler bisa kunjungi.

 

Lapangan Merdeka, Medan

Foto: dimedan.co

Lapangan Merdeka medan adalah pusat pergerakan politik di Sumatera Utara pada masa kolinial Belanda.

 

Lapangan ini memilik nilai sejarah yang tinggi, menjadi tempat dan saksi terjadinya berbagai peristiwa sejarah yang penting. Peristiwa sejarah tersebut diantaranya, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Gubernur Sumatera untuk pertama kali pada 16 Oktober 1945 oleh Teuku Muhammad Hasan. Juga menjadi tempat penyambutan pilot pesawat yang mendarat pertama kali di Medan pada 22 November 1924.

 

Sahabat traveler, lapangan yang menempati tanah seluar 4 hektar ini dikelilingi berbagai bangunan-bangunan bersejarah dari zaman Kolonial Belanda, seperti Kantor Pos Medan, Hotel De Doer (Dharma Deli), Gedung Balai Kota Lama dan Gedung de Javasche bank (Bank Indonesia).

 

Monumen Pancasila Sakti, Jakarta

Foto: blogspot

Monumen Pancasila sakti dibangun atas prakarsa Presiden ke-2 RI, Soeharto, dibangun di atas lahan seluas 9 Hektar.

 

Sahabat traveler, tujuan dibangunnya Monumen Pancasila Sakti adalah untuk mengingat perjuangan para pahlawan revolusi yang ingin mempertahankan ideologi negara tercinta, yaitu Pancasila dari ideologi komunis.

 

Sebelum menjadi monument sejarah, tempat tersebut merupakan tanah atau kebun kosong yang dijadikan sebagai tempat pembuangan terakhir para korban Gerakan 30 September 1965 (G30S).

 

Monumen Pancasila Sakti memperlihatkan Garuda raksasa yang didepannya terdapat tujuh Pahlawan Revolusi yang berdiri dengan gagah. Dibawah kaki mereka ada diaroma yang menggambarkan betapa sadisnya kejadian 30 September 1965 dan bagaimana mantan Presiden Soeharto menyelamatkan bangsa kita.

 

Terdapat diaroma miniatur yang memperlihatkan kekejaman PKI dari masa ke masa. Kekejaman mereka digambarkan dengan nyata melalui minimatur-miniatur tersebut.

 

Berikutnya, foto-foto pahlawan revolusi dipajang mencantumkan luka-luka yang mereka derita saat diangkat dari dalam sungai. Foto-foto yang diperlihatkan seperti foto Jendral Ahmad Yani.

 

Sebelum keluar dari area diaroma, terdapat papan pemberitahuan yang menyatakan “Ancaman terhadap ideologi Pancasila adalah masalah kelangsungan hidup bangsa dan negara…..”

 

Tugu Pahlawan, Surabaya

Foto: Tipsdoktercantik.com

Surabaya, kota besar di Jawa Timur memiliki situs bersejarah yang tidak kalah menarik dari kota lainnya.

 

Untuk mengenang Hari Pahlawan setiap 10 November, pemerintah Surabaya membangun Tugu Pahlawan yang menempati tanah lapang seluas 1,3 hektare.

 

Tugu Pahlawan dibangun bertujuan untuk menghormati prajurit Surabaya yang tewas ketika pertempuran besar pada 10 November 1945, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan sekutu bersama Belanda yang ingin menjajah Indonesia kembali.

 

Tugu tersebut berbentuk paku terbalik yang memiliki ketinggian 40,45 meter, serta diameter 3,10 meter.

 

Sahabat traveler, Tugu Pahlawan berada di Jalan Pahlawan Surabaya, tengah-tengah kota, dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur.

 

Monumen Mandala, Makassar

Foto: Wartatimur.com

Sedang berada di Makassar? Anda dapat mengunjungi Monumen Mandala. Monumen Mandala dibangun untuk mengenang pembebasan Irian Barat.

 

Monumen Mandala memiliki berbagai macam relief dan diorama yang berhubungan dengan perjuangan pembebasan Irian Barat.

 

Itulah inspirasi tempat wisata bersejarah di kota-kota besar Indonesia. 

 

Tulisan ini juga saya posting di blog saya.


TAGS   hari pahlawan 10 november / wisata /

>